TANTANGAN 10 HARI (T10H ) BUNDA SAYANG - KOMUNIKASI PRODUKTIF - HARI KEEMPAT

by - April 01, 2019


Hari ke 4

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh, hari ini hari ke 4 tantangan komunikasi produktif dan kali ini masih bercerita tentang praktek komunikasi produktif dengan kak Meira. Pagi ini, waktu mama masih asik utak atik ngetik di laptop, eh tiba – tiba kak Meira ngeloyor datangin mama sambil merengek – rengek,  “ga bisa..uuhh…ga bisaa…” dan kedua tangannya memegang kancing baju. Rupanya eh rupanya, kak Meira mau lepas baju, karena baju ini dah kotor kena cokelat dari roti yang dia makan sebelumnya. Dua kancing paling dah bisa dibuka, tapi begitu kancing ke 3, agak nyangkut kancingnya, makanya dia kesel gitu. 


Waktu Merengek itu kak Meira posisinya berdiri, jadi segera mama tenangin dan bilangin dia untuk duduk, “tenang dulu kak, sini duduk dulu..” Dia pun duduk, dan biar dia tenang, mama alihkan dulu perhatiannya dengan membuat ekspresi – ekspresi wajah yang lucu. Akhirnya dia pun tenang, tapi..karena ini kursi adalah kursi bean bag yang memang enak untuk rebahan, kak Meira pun duduk sambil tiduran dan miring – miringin badannya. Dari posisi itu, jelas bakal sulit untuk ngelanjutin buka kancing baju. Maka mama minta kak Meira untuk duduk tegak dulu, dengan cara mama niruin gerakan robot yang bangun untuk duduk tegak..”yuk robotnya bangun dulu, ngeek..ngeek..” dan dia pun ngikut. Setelah duduknya tegak, dia masih bilang “ga bisa..ga bisa..”, mama jawab, “kakak bisa.., tenang dulu.. “, dan mama ajak dia untuk mengucapkan basmallah, “ayo kak, bilang kata ajaib,baca bismillah, biar dibantu sama Allah”. Awalnya dia belum ikut baca, baru mamanya yang baca, dan kancing ke 3 mulai bisa dibuka. Setelah menuju kancing ke 4, akhirnya kak Meira ikut baca bismillah dan alhamdulillah kancing ke 4 bisa dibuka, yeeay…kami pun bersorak..”tu kan kak, jadi saat melakukan sesuatu kita baca bismillah, biar ditolong sama Allah”, ujar mama.

Setelah dia lepas baju, langsung dia bangun untuk makan sate di meja makan, padahal mama belum sempat ngasi pujian untuk apa yang sudah dia lakukan. Setelah sate habis, baru mama bilangin, “alhamdulillah, kak Meira bisa kan, buka kancing sendiri, yang penting ucapkan bismillah, agar ditolong sama Allah.., sini mama cium”. Dia menjawab, “masih bau sate..”, mama jawab lagi, “ga pa pa, mama suka bau sate..” dan muaah,ciuman mama mendarat di pipi empuknya. Jadi poin komunikasi kali ini adalah :

·         Keep information short and simple
·         Intonasi suara ramah
·         Ganti tidak bisa menjadi bisa
·         Tulus dalam memberikan pujian dan kritikan
·         Kaidah 7-38-55

You May Also Like

0 comments