ALIRAN RASA GAME LEVEL #1 KOMUNIKASI PRODUKTIF

by - April 20, 2019

Assalamu'alaikum warohmatullah. Alhamdulillah, teori dan dasar dari komunikasi produktif aja sudah asik untuk dipelajari, apalagi untuk mempraktekkannya, pasti makin asik lagi donk. Setelah tau gimana suatu komunikasi produktif dilakukan, kami seisi rumah selalu mencoba praktek poin - poin komunikasi produktif pada setiap kesempatan, antara mama dan kakak, ayah dan kakak, begitu juga antara mama dan ayah. Hasil dari setiap praktek berbeda-beda, ada yang langsung berhasil, ada yang berhasil tapi perlu waktu, ada juga yang belum berhasil. Tapi itulah proses dan insyaallah kami semua akan terus mempraktekkan komunikasi produktif ini seterusnya, karena manfaat yang didapat begitu besar. 

Manfaat dan perubahan yang dirasa saat komunikasi dengan kakak :

  • Komunikasi menjadi suatu proses yang menyenangkan. Saat ada situasi dengan anak yang sedang fase egosentris, orang tua bisa mencari strategi komunikasi yang tepat sehingga orang tua bisa mengendalikan diri dan anak juga bisa mengerti apa yang diinginkan orang tua. Bisa dibilang ini adalah win - win solution.
  • Mendukung proses pengasuhan / parenting. Dengan membiasakan komunikasi yang terjalin dua arah antara anak dan orang tua, insyaallah ke depannya anak akan tumbuh menjadi pribadi dengan ketrampilan komunikasi yang baik.
Manfaat dan perubahan yang dirasa saat komunikasi antara Ayah dan Mama :

  • Mengetahui bahwa komunikasi benar - benar menjadi dasar yang penting dari suatu rumah tangga. Sehingga perlu dijaga, ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. Jika komunikasinya baik, insyaallah akan baik juga kondisi keluarga begitu juga sebaliknya. Terdengar simpel jika dikatakan tetapi saat praktek pasti ada bermacam tantangan. Untuk itulah kita belajar sebagai ikhtiar kita untuk menghadapi tantangan - tantangan itu. Beberapa ayat Alquran berikut bisa menjadi penjaga api semangat kita untuk terus maju menghadapi tantangan :
  1. “Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Q.S. Al-Baqarah: 286)
  2. “Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S. Al-Insyirah: 5-6)
  3. “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri”. (Q.S. Ar-Ra’d:11)
  4. “Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui“ (Q.S. Al-Baqarah:216)
  5. “Barang siapa bertakwa kepada Allah maka Dia akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rizki dari jalan yang tidak ia sangka, dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu kadarnya” (Q.S. Ath-Thalaq: 2-3)
Demikian aliran rasa selama menjalani dan menyelesaikan tantangan game level #1 komunikasi produktif. Terima kasih dan insyaallah jumpa lagi di tantangan selanjutnya ya, wassalamu'alaikum warohmatullah.

You May Also Like

0 comments