TANTANGAN 10 HARI (T10H ) BUNDA SAYANG - KOMUNIKASI PRODUKTIF - HARI KETUJUH

by - April 04, 2019


Hari ke 7

Tantangan kali ini adalah bagaimana mama berusaha mengajak kak Meira untuk sikat gigi sebelum tidur. Ya, ngajakin anak untuk mau sikat gigi mungkin jadi momok bagi sebagian besar orang tua, apalagi buat orang tua yang anaknya sedang lucu - lucunya masuk ke fase egosentris, acara sikat gigi biasa bisa berubah menjadi acara penuh drama dan air mata, hehe..

Malam ini kami baru pulang setelah seharian muterin pameran di JEC. Karena capai, kak Meira tidur disepanjang jalan pulang, dan terbangun setelah sampai di rumah. Kak Meira pulang menenteng kembang gula kapas sebagai oleh – oleh dari petualangan dia seharian di JEC. Sampai rumah, kak Meira ga mau langsung bobo lagi, dia ingat kembang gulanya dan minta makan kembang gulanya malam ini juga. Kami pun bilang dengan halus ke kak Meira, “Boleh makan ini, tapi setelah ini langsung gosok gigi yaa..” dan dia mengangguk – anggukkan kepala tanda setuju. Untuk melatih berbagi, kami juga bilang “Ayah dan mama boleh ikut makan juga?”, sekali lagi dia mengangguk dan bilang “iya ma”. Ok, kami bareng – bareng menikmati kembang gula dengan asiknya, dilanjut dengan memberi makan dan minum hamster yang juga ikut pulang bareng dari pameran. 

Waktu semakin malam dan waktunya untuk tidur, kami ingatkan kak Meira untuk sikat gigi sesuai janjinya tadi, dan disinilah klimaks cerita malam ini, jreng..jreeng.. Anak – anak memang luar biasa, mereka memiliki 1001 jurus untuk ngeles, tapi sebagai ortu, kita juga perlu lebih luar biasa dong, 1002 jurus komprod harus bisa kita keluarkan untuk meng-counter dan mendidik mereka. Setelah melihat kak Meira mengeluarkan jurus – jurusnya, giliran mama sekarang, dan mama menggunakan jurus “berceritaaa” (soundtrack alat doraemon). Mama bercerita tentang kisah gigi – gigi kak Meira, ada Giri si gigi seri, Giring si gigi taring, dan Giram si gigi geraham. Mereka sedang  menunggu pertolongan kak Meira, karena kondisi mereka lengket penuh dengan sisa makanan manis dari kembang gula kak Meira. Kalau mereka ga dibersihin, sebentar lagi para kuman akan datang. “Yuk kak Meira, kita bantu Giri, Giring, dan Giram. Agar mereka bersih dan sehat, ayo kita bersihkan mereka dan kita beri bantuan dengan pasukan bertameng yang ada di dalam pasta gigi (fluoride, ini terinspirasi dari salah satu buku kak Meira). Mama sebagai komandan pasukannya ya, ayo pasukan majuu..” Kak Meira tampak antusias dan alhamdulillah akhirnya dia mau untuk disikat giginya. Perjuangan belum selesai, selama sikat gigi, anak bisa mengeluarkan lagi jurus – jurusnya jadi mama terus mengajak cerita sambil menyikat giginya. Agar jurus cerita ini efektif, ada tipsnya :


  • ·         Bercerita dengan intonasi yang menarik dan ekspresif
  • ·         Kreatif dalam mencari isi cerita, karena sebuah cerita yang berhasil di hari ini, belum tentu besok bisa dipakai lagi, hehe.
  • ·         Sabar, ini jurus wajib yang perlu dilatih dan dimiliki semua orang tua

Demikian cerita hari ini, semoga bermanfaat dan sekali lagi ingat, sabar dan kreatif adalah skill wajib para orang tua zaman now. Sampai jumpa di cerita berikutnyaa.

Point komunikasi yang berhasil diterapkan :


  • ·         Kendalikan intonasi dan suara ramah
  • ·         Katakan apa yang diinginkan
  • ·         Ganti perintah dengan pilihan

You May Also Like

0 comments