GAME LEVEL 11- DAY 9 - CARA ANAK MEMAHAMI PERBEDAAN GENDER

by - March 01, 2020


Cara Anak  Memahami Perbedaan Gender

Apa itu gender? Gender adalah semua karakteristik menjadi laki – laki atau perempuan. Mengapa anak perlu paham dengan perbedaan gender? Karena menjadi laki – laki atau perempuan akan mempengaruhi bagaimana mereka berpenampilan, bagaimana mereka bergerak, berkerja, dan bermain. Menjadi laki – laki dan perempuan memiliki kecenderungan yang berbeda, misalnya, anak laki – laki lebih agresif dalam tindakan dan kata –kata, sedang anak perempuan lebih empatik, kooperatif ke orang tua dan cenderung mencari persetujuan dari orang dewasa.

Agar anak bisa memahami perbedaan gender, bisa dimulai dari 2 hal, yaitu :

1. Teladan

Pembentukan kepribadian anak laki dan perempuan dipengaruhi hal berikut :

·         Perlakuan orang tua kepada anak
·         Pengaruh teman
·         Pengaruh budaya

Anak akan meniru orang yang menjadi modelnya, dan di masa kanak – kanak, anak akan meniru orang tua yang sama jenis kelaminnya. Selain orang tua , mereka bisa meniru orang dewasa lain terutama tingkah laku yang mendapat respon positif.

2. Aktivitas

Aktivitas anak laki – laki berbeda dengan aktivitas anak perempuan, misalnya main bola adalah aktivitas untuk anak laki – laki dan main boneka adalah aktivitas untuk anak perempuan. Orang tua harus menjadi contoh yang baik dan memperlakukan anak sesuai dengan jenis kelaminnya serta memberi penguatan pada tingkah laku yang sesuai gendernya.  Adalah tugas orang tua untuk mengembangkan keperempuanan dan keibuan anak perempuan dan mengembangkan kelelakian dan kebapakan anak laki – laki.

Anugrah berupa anak, baik laki – laki maupun perempuan harus disyukuri dan diterima semua kelebihan dan kekurangannya, baik fisik maupun sifat – sifat bawaannya. Sehingga jati diri anak akan berkembang apa adanya menjadi dirinya sendiri.

Ayah dan ibu harus terlibat bersama dalam pengasuhan anak, agar anak memiliki tokoh identifikasi / model dari jenis kelamin yang sama. Anak perlu waktu untuk menyadari adanya perbedaan di dirinya, sehingga hal ini harus dilakukan dengan perlahan dan tidak terburu – buru. Idealnya, pemahaman akan gender dan perbedaannya perlu terbentuk sebelum anak masuk TK, sehingga saat sudah masuk SD, anak akan tahu bagaimana bertingkah laku.

sumber artikel : klik disini

You May Also Like

0 comments