Day 8 – T10H Level 12- Keluarga Multimedia

by - March 26, 2020




Review aplikasi Baby Panda Child Safety

Assalamu’alaikum wr wb. Kembali lagi ke review aplikasi, sekarang aplikasi yang direview adalah aplikasi Baby Panda Child Safety. Karakter utama di aplikasi ini adalah panda dan teman – temannya, yang oleh anak – anak populer disebut “Baby Bus”. Ini adalah aplikasi untuk mengajarkan kepada anak – anak bagaimana berperilaku yang aman, baik di rumah maupun di luar rumah, seperti di mall atau di taman. Anak – anak diajak belajar dan mengetahui perilaku aman melalui games.




Aplikasi ini menampilkan peta beberapa lokasi seperti supermarket, taman bermain, dan taman umum sebagai tampilan awalnya. Jika sentuh salah satu lokasi, kita akan diajak mengunjungi lokasi tersebut dan memainkan game yang sesuai. Misalnya saat kita sentuh supermarket, kita akan memainkan game “perilaku aman di lift”, anak – anak diajak mengenali perilaku apa yang tidak boleh dilakukan saat menaiki lift, seperti loncat – loncat, memainkan tombol, membuka paksa pintu, dll. Setelah itu ada game “perilaku aman jika terjadi kebakaran”, yaitu mengenali tanda keluar darurat saat terjadi kebakaran dan bagaiman mencari keluar dengan aman.





Bila kita sentuh taman bermain, kita diajak bermain game “naik kendaraan yang aman”, yaitu menggunakan sabuk pengaman dan tidak mengeluarkan anggota badan dari jendela. Lalu ada game “Perilaku aman saat tersesat”, seperti menolak pemberian orang asing, mencari pertolongan polisi, dan cara menghubungi orang tua. Di bagian taman umum, anak akan diajarkan berperilaku aman saat menyeberang jalan, yaitu menyeberang di zebra cross dan saat lampu penyebrangan menyala hijau. Dilanjutkan dengan apa saja perilaku aman saat di taman umum, seperti selalu bersama dengan orang dewasa agar tidak tersesat, dan bagaimana bermain dengan aman di tempat bermain.







Bagi orang tua, bisa langsung melihat poin – poin apa saja yang diajarkan di game ini, karena aplikasi ini  menyediakan menu yang berisi perilaku aman apa saja yang diajarkan. Aplikasi ini bisa membantu orang tua mengajari anak tentang keamanan dengan cara yang disukai anak, sehingga diharapkan anak lebih mudah mengerti. So untuk para orang tua, silahkan dicoba yaa.. Terima kasih, Wassalamu’alaikum wr wb.




You May Also Like

0 comments