Day 4 – T10H Level 12- Keluarga Multimedia

by - March 22, 2020


Review Aplikasi  Khan Academy Kids


Assalamu’alaikum.. review aplikasi kali ini adalah tentang aplikasi edukasi buat anak-anak. Hmmm.. sejujurnya saya sangat meminimalkan gadget buat anak. Selama ini media edukasi yang saya andalkan buku ataupun activity tools yang beraneka jenis. Tetapi ada pepatah yang mengatakan, “didiklah anak sesuai zamannya.” Oke, sekarang zaman digital. Ga mungkin juga anak lepas dari gadget gitu saja. Ketika Meira melihat ada anak lain yang main hp, yaudah deh nempel. Jadi  saya sudah mengantisipasinya sebelum terpapar lebiih jauh, yaitu dengan membacakan cerita “Ketika Lala bermain gadget” yang intinya tidak baik terlalu banyak bermain gadget. Sebelum memainkan aplikasi ini pun saya buat kesepakatan dengan anak berapa menit dia boleh mainkan, maksimal 30 menit. Anak usia dini tidak boleh terlalu lama-lama bermain gadget karena berpengaruh kepada fisik dan psikologisnya juga.

Oke, kembali ke review. Khan academy ini ad versi dewasa dan juga anak-anaknya. Aplikasi ini gratis! Kurikulum disesuaikan dengan usia anak dari 2-6 tahun.. Jadi ketika pertama buka aplikasi adalah dengan verifikasi email dan memasukkan usia anak, saya pilih 4 tahun. Lalu muncullah karakter-karakter hewan yang menarik. Dari segi visual sangat bagus, auditorinya juga baik. Tapi sayang bahasa Inggris, si anak kan kami didik sesuai fitrah, pake bahasa ibu dulu. Jadi saya memang belum mengajarinya lagi bahasa Inggris. Dulu sempat pernah ketika usia Meira sebelum 2 tahun. Tapi semenjak kenal Fitrah Based Education, saya stop dulu penggunaan bahasa Inggris sampai bahasa ibunya benar-baik dalam pemahaman maupun penggunaannya, kalau bisa sampai level sastra. Hehe. Jadi, selama main saya mendampingi anak untuk menerjemahan apa maksud yang dikatakan si beruang dalam menjalankan gamenya. 


Kurikulum gamenya ya sesuai dengan kurikulum usia 4 tahun. Seperti mengelompokkan, warna, opposite, tracing garis putus-putus, mengenal huruf, memilih, menyocokkan dll. Setiap beberapa topik anak berhasil melewatinya, akan diberi reward dalam kotak yang akan diberikan ke si karakter hewan.





 Selain itu, ternyata juga ada fitur offlinenya.  Ada story telling, mengenalkan perasaan, cara membaca, mengenal huruf, angka, logika, tracing, selain itu juga ada fitur menggambar, mewarnai dan rekam audio juga.. jadi walaupun ga konek internet masih bisa main si anak..

 online

offline


story telling


Overall aplikasi ini bagussss.. terbukti Meira candu minta-minta lagi. -____-  
Syukurnya karena udah ada perlindungan dari awal tentang gadget ini, ga terlalu susah juga menghadapi ketika Meira rewel minta gadget, tinggal recall aja apa yang sudah ia pahami kalau terlalu banyak main gadget..  hehe. Sebaik-baik fitur yang ditawarkan gadget, paling baik si anak berhadapan langsung dengan objek dan mempraktekkan dengan tubuhnya. Sekian reviewnya. Semoga para ibu bijak memberikan gadget ke anaknya.. wassalamu’alaikum wr.wb.

You May Also Like

0 comments