Day 6 – T10H Level 12- Keluarga Multimedia

by - March 25, 2020


Review aplikasi Star Walk Kids 2

Assalamu’alaikum wr wb. Aplikasi yang direview kali ini adalah aplikasi Star Walk Kids 2. Ini adalah aplikasi edukasi anak untuk mengenalkan tentang luar angkasa dan benda – benda langit. Di menu awal ada beberapa gambar yang bisa di pilih, yaitu observatorium, untuk melihat benda – benda langit; bioskop, untuk melihat film tentang benda – benda langit; pesawat ulang alik, untuk melihat tata surya kita; dan karakter sapi, dia membawa peta benda langit untuk memandu kita menggunakan aplikasi ini




Untuk memulai belajar, kita sentuh karakter sapi dan akan muncul peta. Benda langit pertama yang dikenalkan adalah matahari. Jika kita sentuh, kita akan dibawa seolah seolah – olah kita sedang meneropong ke langit, kita bisa melihat bintang - bintang dan planet – planet. Ada fasilitas kompas, yang membuat kita bisa mencari dimana posisi sebenarnya dari suatu benda langit dengan cara menggerakkan ponsel ke kanan, kiri, atas, bawah. Setelah menemukan posisi matahari dan kita sentuh, akan ditampilkan data, berupa posisi di tata surya, skala ukuran, dan jumlah bulan. Ada juga audio yang menjelaskan beberapa fakta tentang benda langit yang bersangkutan. Setelah matahari, lanjut ke planet terdekat dari matahari yaitu merkurius dan terus urut sampai planet terluar. Dilanjutkan mengenai satelit, lubang hitam, dan rasi bintang. Setiap melalui beberapa benda langit akan diberikan kuis, jika berhasil lulus, kita akan mendapatkan film tentang benda langit yang sudah dilalui. 












Jika telah lulus dari kuis terakhir, menu pesawat ulang alik akan terbuka. Pesawat ulang alik ini akan membawa kita melihat tata surya secara keseluruhan. Kita bisa melihat matahari dan semua planet berputar mengelilinginya dengan kecepatan yang berbeda. Bila perlu gambar yang lebih besar, ada fasilitas zoom in dan zoom out cukup dengan sentuhan jari.



Aplikasi ini cukup informatif dan gambarnya juga bagus, membuatnya disenangi anak – anak. Yang menjadi catatan, sepertinya aplikasi ini membutuhkan koneksi internet yang bagus, karena saat dicoba menggunakan koneksi dari operator, menu audio tidak bisa tampil. Selain audio, film yang didapat juga belum bisa dibuka. Saat dicoba menggunakan jaringan internet di kantor ayah, barulah audio itu bisa tampil. Terima kasih sudah membaca review ini semoga bermanfaat yaa..wassalamu’alaikum wr wb.

You May Also Like

0 comments