Day 9 – T10H Level 12- Keluarga Multimedia

by - March 27, 2020


day 9 Review aplikasi Sakpole

Assalamu'alaikum wr wb. Aplikasi yang direview hari ini adalah aplikasi Sakpole. Aplikasi ini adalah aplikasi pelayanan publik untuk memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor di area Jawa Tengah. Jika pemilik kendaraan membayar pajaknya dengan aplikasi ini, pemilik kendaraan tidak perlu mengantri lama di Samsat untuk mengurus pajak tahunannya. Setelah membayar melalui aplikasi, pemilik bisa langsung menukarkan bukti bayarnya dengan bukti pajak resmi di samsat. Proses bayar pajak tahunan jadi cepat dan mudah.


 Alur penggunaan aplikasi ini cukup sederhana, dan pengguna juga bisa membaca panduan yang telah disediakan di aplikasi. Pertama - tama pemilik kendaraan mendaftarkan kendaraannya di aplikasi ini. Pendaftaran kendaraan menggunakan data plat nomor kendaraan, 5 digit no rangka, dan NIK. Setelah mendaftar, akan muncul rincian pajak yang harus dibayar. Kemudian pemilik bisa memlih bank dan metode pembayaran yang mau digunakan. Yang terakhir akan muncul kode pembayaran. Pemilik mempunyai waktu 2 jam untuk membayar. Setelah dibayar, kita bisa mengunduh bukti pembayaran. Bukti pembayaran inilah yang akan ditukar dengan berkas pajak yang asli di Samsat, dalam waktu 30 hari. 







Selain untuk membayar pajak, ada menu lain yang bermanfaat untuk pengguna. Menu – menu itu antara lain info pajak kendaraan bermotor, info nilai jual kendaraan, info lokasi layanan, dan info jadwal layanan. Begitulah review hari ini, semoga makin banyak aplikasi yang memudahkan warga negara dalam menjalankan kewajibannya yaa.. Wassalamu’alaikum wr wb.



You May Also Like

0 comments