Day 7 – T10H Level 12- Keluarga Multimedia

by - March 25, 2020


Day 7 Review aplikasi Wallet

Assalamu’alaikum wr wb. Aplikasi yang direview hari ini adalah aplikasi yang cukup “serius”, apa tu..? Yaitu aplikasi untuk pengelolaan keuangan, topik yang serius kaan.. Nama aplikasinya Wallet. Ada versi gratis dan berbayar. Untuk penggunaan dasar, versi free sudah cukup baik. Ada banyak fungsi aplikasi ini, dari fungsi dasar yaitu pencatatan uang keluar masuk sampai fungsi yang advance seperti koneksi dengan bank atau fungsi statistik. Tidak semua fungsi kita review, kita review fungsi – fungsi yang penting dan yang sering digunakan.

Jadi seperti inilah menu dari aplikasi wallet. Konsep aplikasi ini adalah kita menyimpan uang kita di dalam akun. Akun ini bisa bermacam – macam sesuai kebutuhan kita, misal akun untuk mencatat uang cash, akun untuk rekening bank, akun untuk kartu kredit, dsb. Uang akan dicatat masuk atau keluar ke akun – akun tersebut. Untuk versi berbayar, ada fitur koneksi ke bank, sehingga transaksi di rekening bank bisa otomatis tercatat di aplikasi. Cuma rasanya masih belum sreg aja kalau mau pakai fitur ini, hehe..





Kita mulai dari yang paling sering digunakan adalah menu “record”, untuk mencatat uang masuk dan keluar. Caranya dengan sentuh tanda plus di kanan bawah, selanjutnya kita tentukan apakah ini pemasukan atau pengeluaran dan ke akun yang mana, masukkan jumlah uang dan pilih kategori. Sentuh tanda panah sebelah kanan untuk memberi keterangan, memasukkan tanggal dan jam transaksi, setelah OK, sentuh tanda centang di kanan atas untuk menyimpan transaksi, selesai. Aplikasi ini memudahkan kita untuk mencatat, tapi tantangan sebenarnya adalah bagaimana kita bisa konsisten mencatat, karena ini tidak mudah loo..





Pada setiap pencatatan, kita perlu memilih kategori transaksi. Misal transaksi untuk membeli bensin akan berbeda kategori dengan transaksi untuk beli makan. Di aplikasi ini sudah ada kategori bawaan yang cukup lengkap, jika dirasa kurang, kita bisa membuat sub kategori baru melalui menu “setting”



Setelah pencatatan, menu lain yang berguna adalah “budget”. Kita bisa menyusun budget bulanan dan melihat apakah budget tersebut sudah terlewati atau masih aman. Jika budget terlewati akan ada notifikasi dari aplikasi. Selain budget , kita juga bisa memanfaatkan menu “debt” untuk memonitor jika kita punya hutang. Semoga saja ga ada ya, kecuali bener – bener kepepet. Lalu ada menu “goals” yaitu menu untuk membuat tabungan rencana, misal kita berencana renovasi rumah 1 tahun lagi dan perkiraan dananya sekian, kira – kira perbulan menabung sekian, bisa dicatat disini. Lanjut ke menu yang lumayan komplek adalah “statistic”. Menu ini penuh angka dan grafik, akan bermanfaat sekali untuk mereka yang menguasai bidang ini, klo kita yaa paling tidak belajar lah dikit – dikit.






Oke demikian review singkat aplikasi Wallet, sekali lagi aplikasi berfungsi untuk memudahkan kita, tetapi untuk mendapatkan manfaatnya, semua kembali lagi kepada ketekunan dan konsistensi dari pengguna aplikasi. Terima kasih dan wassalamu’alaikum wr wb.


You May Also Like

0 comments