Day 10 – T10H Level 12- Keluarga Multimedia

by - March 28, 2020

Day 10 Review aplikasi Dana

Assalamu’alaikum wr wb. Aplikasi yang akan direview kali ini adalah aplikasi Dana. Buat yang belum tahu, aplikasi ini adalah keuangan yang memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai macam pembayaran / transaksi keuangan. Istilah tren sekarang adalah aplikasi e-money. Maaf sebelumnya karena di review kali ini tidak banyak menampilkan screenshot secara detail karena namanya aplikasi keuangan, di dalamnya ada data – data yang sensitif.


Langsung saja, aplikasi ini seperti juga aplikasi e-money lainnya bisa menyimpan uang dalam bentuk saldo. Saldo ini bisa diisi/top up, umumnya orang memakai cara transfer bank. Nah yang saya suka dari aplikasi ini ada beberapa hal :

1.  kita bisa menyimpan data kartu debit/atm kita disini, kalo sudah, kita bisa langsung gunakan untuk transaksi keuangan (pembayaran, transfer, dll). Jadi berbeda dengan saldo yang harus di top up dulu, kalau kita sudah menyimpan kartu debet kita, setiap transaksi keuangan akan langsung dipotong dari saldo di rekening bank kita.  Apakah aman? insyaallah aman karena untuk mendapat izin dari otoritas, aplikasi keuangan harus memiliki standar keamanan yang tinggi untuk menjamin keamanan dana penggunanya

2.  Ada fasilitas free transfer antar bank 10x setiap bulan. Jadi kalau kita mau transfer antar bank, dengan aplikasi ini kita ga kena potongan Rp 6.500 itu, lumayan kan. Jumlah bank yang bisa dituju transfer juga sudah banyak.

Nah, lalu untuk menyimpan kartu kita di aplikasi ini caranya gimana sih? Kira – kira begini langkah – langkahya :

1.  Pastikan kartu debet/atm anda sudah diaktifkan oleh bank agar bisa melakukan transaksi online. Datanglah ke cabang bank terdekat untuk mengeceknya.
2.  Daftarkan kartu melalui menu profil, kemudian pilih menu saved card
3.  Masukkan data nomor kartu, masa berlaku kartu dan kode CVV. Agak lupa apakah nanti akan ada konfirmasi via sms atau tidak.
4.  Setelah proses pendaftaran, cobalah untuk melakukan transaksi sederhana, misalnya beli pulsa di tokopedia, jika berhasil berarti nomor anda sudah berhasil disimpan dan siap digunakan.

Setelah kartu disimpan, misalnya kita akan melakukan transaksi keuangan (transfer) bagaimana caranya? :



1.  Pilih menu “send” yang ada di tampilan menu utama, kemudian pilih “send to bank         
     account”
2.  Pilih rekening tujuan, jika belum ada, brarti perlu kita daftarkan dulu dengan sentuh tanda plus untuk menambahkan data rekening tujuan. Masukkan nama bank dan rekeningnya, selesai deh.
3.  Setelah kita pilih rekening, lalu kita diminta memasukkan angka yang mau ditransfer, dan berikutnya proses konfirmasi. Setelah yakin data transaksi benar dan klik bayar, akan dikirim sms ke hp kita berisi kode. Kode ini harus kita masukkan ke halaman pembayaran aplikasi dana. Jika kode tepat, transaksi pun akan berjalan dengan lancar.

Begitulah review kita hari ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca ya, wassalamu'alaikum wr wb



You May Also Like

0 comments