Day 2 – T10H Level 12- Keluarga Multimedia

by - March 20, 2020



Review aplikasi Forest: Stay Focused

Assalamu’alaikum , hari ke-2 ngereview aplikasi. Kemarin sempat liat di playstore ada gambar yang  unyu. Karena penasaran, buka lagi trus liat aplikasi apa. Tulisan yang tertera adalah ‘the best cure for phone addiction.’ Hoo… kayaknya di zaman sekarang hampir semua orang butuh nih. Coba install lah..

Kaitannya dengan judul adalah cara bagaimana kita untuk fokus adalah dengan menanam pohon sesuai waktu yang kita tentukan sendiri untuk fokus. Nah selama waktu itu, bibit pohon akan terus tumbuh menjadi tunas, pohon kecil sampai pohon dewasa. Sangat menarik. Saya ingat dulu pernah install aplikasi pomodoro, tetapi bagi saya membosankan karena seperti timer biasa. Akhirnya uninstall deh. Nah ini konsepnya seperti game. Kita disediakan lahan kosong untuk menanam pohon. Semakin banyak pohon kita, semakin banyak koin yang bisa ditukar untuk jenis-jenis pohon, irama (selama waktu fokus berjalan ada fitur seperti musik yang bisa dinyalakan, bawaanya adalah suara seperti suara alam. Membuat rileks.hehe).  Buka-buka menunya ternyata aplikasi ini tidak hanya menanam pohon virtual saja, tetapi ada aksi nyata peduli nanam pohon di beberapa Negara di Afrika. Wow keren nih.. pantes reviewnya cukup lumayan. Setelah baca settingan-setitingan yang diperlukan. waktunya eksekusi.







          Eh rupanya selain pohon, dapat jenis tanaman coral gratisan. Asyiiik. Percobaan pertama. Coba set timer dulu ah. Jam 20.50 WIB. Benar saja notif pun muncul, cuma getar sih. Mungkin perlu setting lebih lanjut kalau mau ada suara ya. Rada skip-skip gitu tadi baca aturannya. Banyak. Hahaha.




Terus dibukalah tampilan utama. Saya atur lima belas menit untuk fokus. Timerpun langsung jalan. Di tampilan muncul tunas pohon.  Saya mulai baca buku. Hmm.. sekali-sekali intip hp. liat tu layar nampilin apa sih.. kayak ada tulisan gitu. “Put down your phone.” Pertama liat itu. Ih tau ah dia diintip. Hahaha.
Ternyata ada tulisan yang berbeda-beda lainnya, seperti  “Stop Phuubbing!”, “ Don’t give up!”, “Hang in there” “What you plant now, you will harvest later.” Hitungan menit mundur pun sejalan dengan pertumbuhan pohon yang semakin besar. Percobaan pertama ini bacanya ga fokus, bentar-bentar keluar kamar karena baru selesai makan, terus bolak balik ke dapur, kamar mandi. Hehe. Intip lagi di 4 menit sisa, “put down your phone.” Eh ditegur lagi. Yaudahlah. Coba baca aja, asal ga baper sama hp ya. Hahahaa… 



            Taraa.. setelah selesai dapat koin, eh bisa double coin pula.. cek cek, yeaay sudah ada satu pohon di lahan. Terus ad pilihan break. Setel lima menit break ah.. eh tapi karena penasaran pingin lanjut dapat pohon, langsung segera main lagi eh… maksudnya coba latian fokus lagi. Hehehe.. yukk beneran baca kali ini.. terus baca, eh mata mulai ngantuk. Syukurnya disetel 15 menit aja… alhamdulillah dapat lagi tanamannyaa… tp saking ngantuknya udah ga pilih double coin. Langsung bablas. Hahaha..


           Begitulah review aplikasi forest, lumayan menyenangkan menurut saya. Boleh dicoba nih ibu-ibu, apalagi yang hobi nanam pohon atau yg hobi ngegame. Kayaknya efetif. Hiihi. Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wr wb.

You May Also Like

0 comments