TANTANGAN 10 HARI (T10H ) BUNDA SAYANG - MELATIH KECERDASAN – DAY 3

by - June 19, 2019

Day 3 Family Project: Konmari ala Meira- Decluttering Books


Rencana family project hari ini adalah melanjutkan konmari untuk decluttering buku – buku Meira yang sudah cukup banyak dan tersusun kurang rapi di lemari bukunya. Sejak Meira bisa mengenali benda secara visual, mama sudah mengenalkan buku ke Meira, dengan harapan Meira bisa mencintai buku sebagai sumber ilmu dan mendapat manfaat dari kecintaannya tersebut. Alhamdulillah  proses itu bisa dibilang berhasil, walau belum bisa membaca, tapi Meira senang melihat gambar – gambar yang ada di buku dan sering meminta kepada ayah atau mama untuk membacakan cerita di buku misal saat makan atau sebelum tidur.

Kembali ke rencana konmari, seperti sebelumnya, dengan decluttering ini mama ingin mengajarkan mana buku yang masih disukai dan masih dibaca dan mana yang sudah tidak dibaca dan mengajarkan Meira untuk berbagi dengan menyumbangkan buku – buku tersebut. Ada beberapa kategori buku di lemari : buku hardcover besar, buku hardcover kecil, buku dengan tema Islam, buku cerita, dan buku aktivitas. Hasil yang diinginkan adalah Meira bisa belajar menyusun dan mengelompokkan buku sesuai kategori dan ukurannya. Mama juga mengkonfirmasi perasaannya dengan menanyakan apakah Meira senang dengan buku dan dia menjawab “senang ma..” sambil mengangguk. Selanjutnya mama bilang mengenai pentingnya buku sebagai sumber ilmu, “buku adalah sumber ilmu kak, karena itu buku harus dirawat dengan baik ya. Kalo buku yang paling baik buku apa, kakak tahu ga?”. Meira terdiam berpikir, dan mama menjawab diikuti Meira , “ buku yang paling baik adalah Al..qur..aan, karena itu sumber segala ilmu dan diberikan langsung oleh Allah”.

penampakan lemari setengah jalan



Lanjut ke proses sortir dan pengurutan, namanya anak – anak, saat buku – buku diturunkan untuk disortir, Meira malah asik membuka – buka buku yang dia suka. Akhirnya mama dan Ayah lah yang melanjutkan konmari. Tetapi paling tidak, Meira melihat bahwa ayah dan mama senang dengan kerapian dan mau merapikan sendiri buku – bukunya. Semoga hal ini bisa tertanam dan menjadi sifat baik di masa mendatang.

pas udah selesai eh baru nebeng foto


Kecerdasan yang dilatih :
  • Kecerdasan spiritual
  • Kecerdasan intelektual
  • Kecerdasan emosional


You May Also Like

0 comments