TANTANGAN 10 HARI (T10H ) BUNDA SAYANG - MELATIH KECERDASAN – DAY 2

by - June 18, 2019



Day 2 Family Project: Konmari ala Meira- Decluttering Clothes

Konmari ternyata juga menyenangkan bagi anak balita. Mama mencoba ingin menumbuhkan self awareness lewat berkonmari. Lewat konmari Meira akan belajar menyadari barang yang masih bisa digunakan dan yang sparkjoy baginya. Hari ini lanjut decluttering kategori clothes, yaitu menyingkirkan pakaian yang sudah tidak bisa dipakai atau tidak spark joy dan sepatu. Maklum anak-anak banyak mainnya sehingga kemarin hari pertama hanya sempat mencoba beberapa jilbab dan baju. Hari ini Mama rencana mengajak Meira decluttering sepatu. Tapi mama mencoba bertanya, “Kak,, lanjut cobain bajunya yuk..” “kan semalam udah..” protesnya. Baiklah. Fix sortir sepatu.

                Mama mengajak Meira ke rak sepatu dan mengeluarkan semua sepatunya. Beberapa memang sudah kecil, tapi mama memberi kesempatan Meira mencoba memakai sepatunya satu per satu. Sebelumnya mama bertanya dulu, “ini masih mau dipakai? “ menunjuk ke salah satu sepatu. “enggak. Itu kan da kecil..”tegasnya. Dengan bertanya seperti ini tentunya decluterring lebih cepat. Hiihi. Memang sihh sepatunya kecil dan jelas tidak muat. ”ini mau dipakai apa disumbangin?” pertanyaan ini juga menjadi pilihan baginya setiap sepatu yang ditunjuk mama. Ada sepatu yang kecil bergambar hello kitty, dia langsung bilang “ini buat dek alisha.” Oke.. terus lanjut ke sepatu berikutnya dicoba yang tidak muat, “disumbangin aja ma.” Hebat..Meira lugas dan cepat ambil keputusan. Selanjutnya mencoba sendal, awalnya Meira bilang, “masih muat ma.” Tapi mama menunjuk ke tumitnya. “Coba lihat… nih tumitnya gantung.” Meira memperhatikan. Terus mama menyuruh dia memakai sendalnya sekarang yang berukuran lebih besar. “Coba lihat tumitnya.” Meira memperhatikan lagi. “beda kan… ini udah kekecilan, ini yang cukup.” Jelas mama. “masih mau dipake?” tanya mama lagi. Meira pun menggeleng-gelengkan kepala. “disumbangin?” mama meyakinkan lagi. “iya ma.”

                Alhamdulillah ada lima pasang sepatu dan sendal yang berhasil didecluttering. Ada juga dua sepatu yang masih cantik untuk sepupunya. Kali ini mama mengenalkan Meira apa kata ‘sepasang’ dan berhitung jumlah sepatu. Setelah itu mama mengambil kardus untuk sepatu-sepatu tersebut. Meira lalu memasukkan sendiri sepatu yang akan disumbangkannya. Alhamdulillah proses decluttering sepatu selesai..

                Mama iseng apakah Meira masih mau melanjutkan decluttering baju. eh Alhamdulilah mau.. lalu Meira lanjut decluttering jilbab, baju bahkan Meira ikut-ikutan melipat ala konmari. Ada satu hal lucu ketika Meira mencoba dress. Katanya dia ga mau pake lagi. Mama tanya,”kenapa kakak ga mau pake lagi?” padahal dia mutar-mutar nari pake dress pink itu. “karena talinya besar..” “kan masih cukup..” tanya mama. “tapi kakak ga suka talinya besar..”oh.. oke.. coba dress pink yang lain. Kali ini dia juga bilang tidak suka,”lah, kenapa yang ini ga suka kak?” “karena talinya kecil.” Mama mulai terhibur dengan tingkahnya. “tadi talinya besar kakak ga suka, berarti kakak suka yang kecil kan..” tanya mama lagi memancing apa jawabannya. “kan yang ini tipis..” jawabnya. Ada saja jawabnya. “emang kakak suka yang tali yang gimana?” “yang pendek.” Jawabnya mantap.. memang selama ini meira tidak suka kalau baju yang ad talinya diikat. Dia lebih senang talinya menjuntai.. yasudah, meira memutuskan untuk menyumbangnya.

 Ketika mencoba setiap sepatu atau baju yang merupakan pemberian dari saudaranya mama mengingatkan bahwa Meira dapat rezeki dari Allah lewat pemberian uti, tante dll. Mama menguatkan perasaan senang ketika diberi (kebetulan dapat baju baru lagi dari tante di Jakarta), oleh karena itu kita juga sebaiknya berbagi kepada orang lain supaya juga merasakan senang. Alhamdulillah setelah itu pakaian dan jilbab disatukan dimasukkan ke dalam tas untuk disumbangkan. Alhamdulillah projek konmari hari ini lancar.

Kecerdasan yang dilatih :

  •        Kecerdasan Intelektual
  •        Kecerdasan Emosional
  •     Kecerdasan Spiritual










         
                                               

                                               


You May Also Like

0 comments