TANTANGAN 10 HARI (T10H ) BUNDA SAYANG - MELATIH KECERDASAN - HARI KE-1

by - June 17, 2019

Assalamu’alaikum warahmatullah, ketemu lagi nih di tantangan bunda sayang. Tema kali ini adalah melatih kecerdasan anak. Untuk Meira, pendekatan yang kami lakukan adalah dengan memilih kegiatan- kegiatannya dulu, baru kemudian kami memasukkan pelatihan kecerdasan di dalam kegiatan tersebut.  Harapan kami, dalam satu kegiatan, kami bisa melatih beberapa kecerdasan sekaligus.


Proyek hari pertama adalah proyek konmari baju Meira. Meira kami ajak untuk memilih dan mencoba baju – baju dan jilbabnya. Kemudian kami bilang ke Meira, bahwa untuk baju yang sudah tidak cukup atau sudah kurang disukai, akan disedekahkan ke panti asuhan / mereka yang membutuhkan, dan Meira setuju. Meira mulai mencoba dari jilbab. Beberapa jilbab dicoba, saking semangatnya, tiap coba satu jilbab, Meira nglakuin hobinya yaitu lompat - lompat di kasur sambil ketawa – ketawa. Setelah beberapa helai, akhirnya ada satu jlbab yang kecil dan akan disumbangkan.


 




Lanjut ke mencoba baju, meira mencoba beberapa baju yang sudah cukup lama. Diluar dugaan, baju – baju tersebut masih cukup dan Meira masih mau memakainya. Akhirnya setelah mencoba beberapa potong baju, ada baju yang Meira sudah sulit untuk memakainya dan diserahkan ke mama untuk disumbangkan . Sesuai dengan usianya, kemampuan konsentrasinya masih sekitar 10 – 20 menit saja, karena itu setelah waktunya cukup, konmari ini dihentikan dan dilanjutkan besok lagi.


 



Kecerdasan yang dilatih :

1. Kecerdasan spiritual
·        Disampaikan mengenai perbedaan ciptaan Tuhan dan ciptaan manusia, yaitu manusia sebagai ciptaan Tuhan bisa tumbuh dan makin besar, sedang baju adalah ciptaan manusia yang tidak bisa tumbuh ukurannya.

2. Kecerdasan Emosional
·        Menyampaikan jenis emosi yang dirasakan, misal emosi kesal saat kesulitan menggunakan baju yang kekecilan, emosi senang saat baju masih bisa dipakai dan masih ingin dipakai sendiri.

3. Kecerdasan menghadapi tantangan
·        Saat menemui kesulitan waktu mencoba baju yang kecil, dibimbing untuk mengendalikan emosinya dan tetap tenang, kemudian mencoba lagi proses yang dirasa sulit

Alhamdulillah tantangan hari pertama bisa dilalui cukup baik, semoga tantangan – berikutnya makin seru dan menyenangkan yaa…




You May Also Like

0 comments