TANTANGAN 10 HARI (T10H ) BUNDA SAYANG - MELATIH KEMANDIRIAN - HARI KE-8

by - May 07, 2019


HARI KE-8: MERAPIKAN TEMPAT TIDUR DAN MELIPAT

Minggu kedua ini masuk ke tantangan melatih kemandirian baru. Walaupun masuk ke kemampuan yang lain, latihan bangun tidur pagi masih terus dilanjutkan. Dalam minggu kedua ini mama ingin mengajarkan kerapian dan membiasakan Meira mengembalikan sesuatu pada tempatnya setelah dipakai. Proyek pagi ini merapikan tempat tidur. Kamar kak Meira berantakan karena malamnya Meira menjatuhkan semua selimut, bantal, guling ke lantai. Selain itu terdapat tumpukan baju di karpet kamar yang belum sempat mama masukkan ke dalam lemari.

Setelah mama menyelesaikan memasukkan baju ke laci, mama mengajak Meira merapikan kamar. Mama menyuruh Meira mengembalikan buku ceritanya ke rak buku. Alhamdulillah dia sudah bisa meletakkan sesuai kategori. Setelah itu, mama mengajak Meira membersihkan tempat tidur dengan sapu lidi. Kali ini mama serahkan Meira membersihkannya sendiri. Meira membersihkan tempat tidur seperti gerakan menyapu. Dan tentu saja, sambil  melakukan kegiatan yang paling disukainya melompat-lompat di tempat tidur. Mama sedikit kesulitan mendokumentasi, selain karena dia lompat kesana kemari hp mama juga ternyata lowbat dan mati. Mama lalu memberi contoh bagaimana menggunakan sapu lidi/ menyeblak kasur yang benar. Yah namanya juga anak-anak kadang memperhatikan kadang dia tidak memperdulikan.




Mama lalu mengajari merapikan pinggiran seprai, “Kak.. kasur mau pake baju yag rapi…”mama mengubah suaranya seolah-olah  kasur yang bicara. “kakak kalo bajunya kasur namanya apa?” tanya mama. “Seprai..”jawab Meira. “Tuh kak.. dia pingin bajunya rapi.” Mama mengajak merapikan pinggiran seprain sisi lainnya. Seprai sudah rapi, saatnya menata selimut, bantal dan guling. Awalnya ia menyusun bantal, terus ambil bantal selanjutnya. Dia ga mau mengangkat guling, jadinya mama yang nyusun deh. Terus giliran menata selimut. Meira membuka lagi selimut yang sudah rapi. “Kakak aja yang lipat.”katanya semangat. Lalu dia mulai belajar melipat menirukan gerakan mama. Mama biasa menjelaskan cara melipat dengan nada-nada menarik dan mengenalkan bentuk persegi dan persegi panjang. Setelah menata selimut, akhirnya menata bantal- bantal boneka. Alhamdulillah selesai… karena hp mati ga divideoin deh.


Tapi, waktu setelah solat zuhur bareng tadi Meira melipat mukenanya sendiri. Malah dia buat variasi meletakkannya dalam gulungan sajadah lalu memasukkannya ke dalam box penyimpanan. Alhamdulillah dia sudah mulai melipat atau meletakkan mukenanya pada tempatnya. Biasanya setelah ikut ayahnya ke mesjid dia langsung mencampakkan saja mukenanya. Semoga ke depannya bisa terbiasa mengebalikan barang ke tempat semula. Aamiin.



You May Also Like

0 comments