TANTANGAN 10 HARI (T10H ) BUNDA SAYANG - MELATIH KEMANDIRIAN - HARI KE-7

by - May 05, 2019

HARI KE-7: BANGUNIN AYAH

Hari ini kondisi ayah dan mama sedang kurang fit. Mungkin karena kondisi cuaca sekarang lagi cukup ekstrim sebab sudah masuk musim pancaroba, peralihan musim hujan ke kemarau. Siangnya panas terik, terus sore atau malam bisa hujan deras. Pada musim - musim seperti ini daya tahan tubuh bener - bener diuji. Kita harus pandai - pandai menjaga kondisi agar tidak terlanjur sakit. Gimana kita tau kalo tubuh kita sedang melawan kuman ? Skalian share sedikit ilmu kesehatan ya, jadi ada beberapa alarm yang menjadi tanda kalo di tubuh kita sedang ada virus/kuman, antara lain :

  • Radang tenggorokan
  • Kenaikan suhu tubuh
  • Badan yang cepat terasa lemas/capek
Jika beberapa kondisi itu muncul, segera lakukan langkah - langkah antisipasi agar tubuh kita menang melawan penyakit dan tetap sehat :
  • istirahat cukup dan tidak begadang
  • lindungi tubuh dari hawa dingin
  • makan makanan hangat dan bergizi, perbanyak makan buah dan sayur.
Nah, saat ini karena tubuh terasa gak fit dengan tanda - tanda diatas, ayah dan mama beristirahat lagi setelah solat subuh. Beberapa waktu kemudian, kak Meira masuk kamar dan membangunkan ayah dan mama. Ternyata kak Meira bangun sendiri, dia langsung naik ke kasur dan menimpa ayah yang masih berbaring, sambil bilang " ayo yaahh..banguun.."


Ayah yang masih golek - golek di kasur agak kelabakan ditimpa kak Meira. Beberapa saat kemudian malah ayah peluk kak Meira dan masih lanjut berbaring di kasur. Melihat ayahnya belum bangun juga, kak Meira bilang lagi, " yok bangun yaaahhh....", akhirnya ayah menjawab dan duduk,  "yaa, yuk banguun..". Alhamdulillah hari ini kak Meira bisa bangun sendiri dan gantian membangunkan ayah mamanya, walau agak mundur dari yang dijadwalkan. 

Mengembalikan Buku dan Mainan

Hari ini kakak mengambil buku - buku dan mainan dari raknya. Setelah puas dibuka - buka dan liatin isinya, buku - buku masih belum dikembalikan ke tempatnya. Begitu juga mainannya. Saat mama lihat hamster di atas lemari buku, kak Meira tertarik dan pengin ikut liat. Perlu diketahui,setelah ada insiden 'Hamster', kandang hamster dipindahkan ke atas lemari buku yang cukup tinggi agar lebih aman. Melihat kak Meira yang tertarik ingin liat hamster, mama bilang ke kak Meira untuk mengembalikan mainan dan bukunya dulu sebelum liat hamster, "Ayo kak, kalo mau liat hamster, buku dan mainannya dikembalikan dulu". Kak meira mengangguk dan membawa buku - buku serta mainannya ke rak. Mama berusaha mengajarkan agar setelah selesai dari satu aktivitas, dirapikan kembali barang - barangnya sebelum lanjut ke aktivitas lain, dan alhamdulillah kak Meira mau untuk melakukannya. Demikian latihan kemandirian hari ini, sampai jumpa di cerita selanjutnyaa..



You May Also Like

0 comments