GAME LEVEL 9-MEMACU KREATIVITAS ANAK- DAY 2

by - December 20, 2019

Day 2: Menguji Kekuatan Fluoride

Salah satu metode belajar yang kreatif dan mengasyikkan adalah dengan eksperimen. Kali ini mama ingin Meira lebih paham pentingnya menyikat gigi terlebih menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Apa pentingnya fluoride? Fluoride sangat penting untuk memperkuat email gigi, agar gigi tidak mudah rusak. Fluor akan melindungi gigi agar tidak mudah larut oleh pengaruh asam. Gigi akan mudah rusak, seperti terkikis dan berlubang  dalam kondisi rongga mulutnya yang pHnya asam. Kapan pH mulut asam? Suasana mulut asam apabila tidak menggosok gigi dalam waktu yang lama, misalnya semalaman ketiduran tidak gosok gigi. Sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi merupakan media pertumbuhan yang menguntungkan bagi kuman. Kuman tersebut akan menghasilkan asam dan melarutkan permukaan terluar (email) gigi sehingga permukaan gigi menjadi terkikis (demineralisasi). Hal ini yang mengakibatkan proses awal gigi berlubang.  Selain itu, bisa diakibatkan dari mengonsumsi makanan dan minuman ringan yang mengandung zat asam.
           
           Mau tahu eksperimen sederhana yang kami lakukan, teman-teman bisa mencoba di rumah juga lho.. Kami menggunakan telur sebagai pengganti gigi dan cuka sebagai asam yang dapat membuat gigi terkikis/keropos.

Bahan:
Pasta gigi yang mengandung  fluoride
2 butir telur
2 botol cuka
3 wadah

Cara:

1. Campur pasta gigi dengan air sehingga membentuk sebuah larutan yang mengandung fluoride di dalam wadah dan letakkan telur ke dalamnya. Diamkan minimal selama 5 menit. Tadi kami lebih karena sholat Isya dulu.

2. Tuangkan cuka ke dalam dua wadah lain. Letakkan telur yang sudah dicampuri fluoride tadi ke dalam salah satu wadah cuka. Letakkan telur yang tidak dicampuri fluoride ke dalam wadah cuka lain.




 Pengamatan:

Kami mengamati, kedua permukaan telur  bergelembung. Di referensi seharusnya telur yang udah direndam fluor tidak bergelembung. Tetapi kami amati terus sampai beberapa menit, apakah yang terjadi pada permukaan kulit telur? Mama menyentuh bagian telur, kulitnya sedikit terkelupas. Wah..

Kami bolak-balik kedua telur, kami pegang telur yang diberi fluoride ternyata mengelupas juga. Hmmm.. kami amati lagi kedua telur. Kami coba telur mana yang lebih gampang terkelupas, kok yang telur diberi fluoride. Hmm. Bedanya apa ya?

AHA! Memang telur yang tidak direndam fluor lebih kesat terkelupas, tetapi setelah kami sadari lapisan yang terkikis jauh lebih tebal. Warna telur yang tidak dilapisi fluor lebih putih dibanding telur yang dilapisi fluor!

telur yang sudah direndam fluor

telur yang tidak direndam fluor
telur sama-sama mulai terkikis
perbedaan tebal kikisan, telur yang tidak direndam fluor terkikis oleh asam lebih dalam sehingga berwarna sangat pucat

Yeaay alhamdulillah. Pengamatan kami berhasil. Ternyata memang fluor itu lebih melindungi permukaan kulit telur dari asam. Begitu juga di gigi. Hasil pengamatan ini lebih jauh dibanding referensi yang hanya mengamati telur bergelembung atau tidak. Hihihi. Alhamdulillah kami puas dengan eksperimen yang kami lakukan. Telur benar-benar terkikis dalam asam.

Sebagai penutup eksperimen kami, mama mengingatkan lagi pentingnya sikat gigi dan mengolesi gigi dengan topikal aplikasi fluor yang sebelumnya udah pernah mama berikan. Mama tunjukkan juga tube tooth mousse lama Meira yang digunakannya sewaktu masih kecil dulu. Hihii. Ayo teman-teman sayangi dan jaga gigimu dengan sikat gigi dengan pasta yang mengandung fluor dan ke dokter gigi untuk mendapat aplikasi fluor. ^^

bahan aplikasi fluor


You May Also Like

0 comments