GAME LEVEL 7- SEMUA ANAK ADALAH BINTANG- DAY 4

by - October 27, 2019


Day 4: Sunmor

Secara tak terduga ayah mengajak kami ke Sunmor (Sunday Morning). Tumben.. Alhamdulillah ternyata ayah hari ini libur latihan kendo. Tentu saja mama berbinar-binar. Hahahaha. Meira kami ajak siap-siap dan melajulah kami menuju ke sunmor. Hal yang pertama sekali dilihat dan diminta Meira adalah es krim! Selalu… mama bilang nanti, kalau sudah mau balik aja biar gampang makannya. Meira juga bilang, “tadi ada jual ikan lo ma..”.  Safari Sunmor kami mulai membeli cemilan lupis… pastilah Meira lahap karena rasa manisnya. Selepas makan, kami jalan menyusuri tenda-tenda pedagang yang menawarkan dagangannya. “Kak, sunmor ini tempat apa sih?”tanya mama. “tempat belanja.”kata Meira “terus?” tanya mama lagi. “tempat jualan.”tambahnya. kemanapun Meira diajak mama selalu menyelipkan edukasi, mengajak Meira memperhatikan lingkungan dimana dia berada.

                Kami terhenti di tenda yang jual ikan hias. “maaa.. mau beli ikan..”rayunya. “ini lihat ada kura-kura.” Mama mengalihkan perhatian. Tampak kura-kura kecil di dalam aquarium. “coba tanya gimana cara merawatnya.” Kata mama. Meira berani bertanya kepada si penjual. “coba tanya apa makannya.”lanjut mama lagi. Meira lancar berkomunikasi dengan si penjual dan mendesak mama untuk minta belikan kura-kura, tetapi ayah tidak mengizinkan. Meira merengek-rengek.  Kami bilang Meira harus merawat binatang  yang ada di rumah dulu, hamster dan marmut. Kami lanjutkan perjalanan lagi untuk mencari barang yang dibutuhkan. Meira sudah terbiasa jalan jauh dan ia senang jika diajak jalan-jalan. Kami berhenti melihat seorang bapak yang melukis seorang wajah wanita. Meira terlihat serius memperhatikan bagaimana si bapak itu melukis sambil memperhatikan si wanita. Mama mengajak Meira lagi untuk melanjutkan perjalanan.



                Kami terhenti lagi di tenda penjual hermit crab (pong-pongan). Hewan berumah itu tampak menarik karena rumahnya yang berwarna warni. Mama menjelaskan tentang kehidupan bagaimana hewab tersebut akan pindah- pindah ke rumah yang lebih besar. Meira tampka antusias melihat sambil mendengarkan penjelasan mama. Kami jalan lagi sambil beberapa kali singgah membeli sesuatu. Meira diajak ngobrol sama om penjual tas, Meira pun bercerita sambil membuat bercandaan sehingga mereka tertawa-tawa. Alhamdulillah Meira semakin baik perkembangannya berinteraksi dengan orang lain, sewaktu membelikan jilbab buat sepupu- sepupu  Meira pun ia bercerita banyak tentang saudaranya. Di sepanjang perjalanan balik ke parkiran, Meira bilang dengan yakin ia mau berjualan minuman, roti sama sosis. Berulang-ulang itu yang ia ucapkan. "Kak Meira kalo mau jualan di sekolah." kata ayah. "kita latian bikin dulu ya di rumah, ntar baru dijual."dukung mama. Meira kadang punya ide spontan yang meunjukkan keyakinan. Hebat anak mama, mengajarkan mama keyakinan nih.. 

                Setelah puas belanja di sunmor dan hari makin terik, kami menuju mirota karena ada yang kami mau beli lagi. Selama mama dan ayah mencari keperluan, Meira langsung lenyap pergi entah kemana. Mama cari ternyata ia lagi melihat-lihat sesuatu yang menarik baginya. Dia juga selalu bertanya ini apa, itu apa benda-benda yang ingin diketahuinya. Bahkan ketika ayah dan mama sedang mengantri di kasir Meira masih melihat tv iklan salah satu merk alat tulis yang menunjukkan bagaimana cara menggambar. Ia sangat serius memperhatikan tayangan tersebut sampai akhirnya mama panggil karena sudah selesai bayar.




                Ga kerasa seharian kami banyak jalan, betis mama pun pegal. Hahahaha. Berhubung malam mama mau ada acara lagi, mama minta tolong Meira ambilkan koyok. Meira mengambilkan koyok dan menawarkan diri untuk menempelkan koyok di betis mama. “mau tempel dimana ma?” “di sini kak.” Meira sigap menempel koyok dengan rapi dan mengembalikan bungkusnya. Alhamdulillah Meira anak solehah.. Semakin banyak hal positif yang bisa kita lihat pada anak kita, semakin bertambah pula syukur kita kepada Allah SWT atas amanah yang diberikanNya.

Sisi positif atau bakat yang terlihat:
  •          Command
  •          Learner
  •          Ideation
  •          Communication
  •          Explorer
  •          Fokus
  •          Serving/belief


You May Also Like

0 comments