TANTANGAN 10 HARI (T10H ) BUNDA SAYANG - MENSTIMULASI ANAK SUKA MEMBACA – DAY 2

by - August 09, 2019

Assalamu’alaikum warahmatullah, masuk di hari ke 2, hari ini Meira minta dibacakan Ashabul Kahfi. Kali ini ayah yang membacakan cerita. Ayah menceritakan tentang kisah pemuda – pemuda beriman yang dikejar oleh raja yang kejam sehingga harus bersembunyi di gua, kemudian Allah memberikan pertolongan dengan membuat mereka tertidur ratusan tahun, dan saat mereka bangun, raja yang kejam itu sudah tidak ada lagi. Ayah menyampaikan bahwa Allah akan memberikan pertolongan kepada orang – orang yang beriman, karena itulah kita juga harus berusaha menjadi orang beriman agar mendapat pertolongan Allah.

buku satu : Ashabul Kahfi



Karena besok adalah tanggal 9 dzulhijah, ayah dan mama insyaallah akan berpuasa Arafah. Mendengar itu Meira bertanya tentang puasa. Pas nih, mama juga membeli buku bertema puasa. Selanjutnya mama membacakan buku bertema puasa. Cerita tentang seorang anak yang merasa kesepian karena ayah, mama, dan kakaknya semua berpuasa. Akhirnya dia memutuskan untuk ikut berpuasa dan ikut sahur walau akhirnya dia tertidur waktu sahur pertamanya. Mama menyampaikan bahwa puasa adalah ibadah yang penting bagi umat Islam dan memiliki manfaat dan pahala yang besar.

buku dua : Aku juga mau puasa



Saatnya solat magrib, selesai solat mama dan ayah mengajak Meira untuk membaca juz amma, ini adalah kegiatan rutin yang dijadwalkan setiap selesai magrib.  surat yang dibaca kali ini adalah Al Falaq. Setelah membaca bersama – sama, mama membacakan asbabun nuzul (penyebab ayat Alquran diturunkan) dan tadabur dari surat ini. Yaitu surat yang turun bersama surat An Nas untuk mengobati sakit Rasulullah Muhammad SAW yang disebabkan ada orang yang tidak suka dengan beliau. Kita harus selalu meminta perlindungan kepada Allah karena Allah yang Maha Kuat dan Maha perkasa tidak ada bandingannya. 

buku ketiga : Juz Amma

Selesai mengaji, Meira melihat 1 lagi bukunya, buku tentang dokter gigi. Buku ini bercerita tentang seorang anak yang sakit gigi dan takut pergi ke dokter gigi. Tapi setelah mamanya membujuk dan memberi penjelasan, dan diajak ketemu dokter yang baik, akhirnya anak itu mau untuk diperiksa giginya. Untuk buku ini, mama mengajak Meira untuk bercerita. Awalnya Meira bilang masih belum bisa, karena belum bisa membaca. Tetapi mama memancing meira dengan pertanyaan – pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang ada di buku. Dengan Menjawab pertanyaan – pertanyaan itu, Meira berlatih untuk bercerita dengan melihat  gambar  di buku. JJadi walau belum bisa membaca, tetapi Meira tetap bisa bercerita. Semoga bermanfaat ya, wassalamu’alaikum warahmatullah.

buku keempat : Cican sakit gigi


You May Also Like

0 comments