Mau bahagia, yuk sedekah!

by - April 26, 2022

 



Kapan terakhir kali kita bersedekah? Apakah yang kamu rasakan ketika bersedekah? Apakah ada perbedaan yang kita rasakan sebelum dan setelah bersedekah?


Sedekah sebagai bentuk kepedulian berhubungan dengan kebahagian dan kesehatan. Yang saya rasakan ketika bersedekah adalah saya merasa senang dan puas. Apakah saya merasa bahagia? Ya. Salah satu aktivitas yang membuat saya bahagia adalah bersedekah. 


Saya selalu tersenyum dan bersemangat jika bersedekah. Ketika melihat orang lain tersenyum juga menularkan energi positif itu kepada saya. Hormon-hormon kebahagiaan endorfin, serotonin pun keluar sehingga tubuh lebih sehat. 


Dari hasil penelitian, Post dkk menemukan bahwa aspek psikologis dari bersedekah adalah  keikhlasan dan afeksi. Ketika kita memberi dari apa yang kita usahakan (misalnya berusaha bicara yang baik-baik saja), di situ lah ada keikhlasan dan kasih sayang. 


Sedekah bukan dilihat dari harta yang diberikan, tetapi dari intensi psikologis  yang terjadi. Niat bersedekah tak sebatas materi. Yang penting niat. Dari memberi hanya seplastik gula, membuat takjil berupa sate buah untuk berbuka puasa, berilah saja apa yang kau punya. Bahkan dalam lisanmu itu sedekah. Mengucapkan kebaikan, kita niatkan untuk sedekah. 


Menjadi volunteer juga merupakan sedekah karena kita menyedekahkan waktu, tenaga atau pikiran untuk kepentingan bersama. Hal ini dibuktikan dalam penelitian Gimenez dkk, dimana orang yang  melakukan voluntary activity menunjukkan kebahagiaan yang lebih tinggi dibandingkan ketika tidak melakukan voluntary activity. 


Hal yang saya rasakan sesuai dengan penelitian Lu yang menyatakan bahwa kebahagiaan   dapat   dicapai   dengan   merasa   puas (contentment),   bersyukur,   memberi   secara   bijak   (wisdom of giving) dan mengolah  jiwa  (self-cultivation)


Dari hasil penelitian Ahmad Rusdi dkk, mahasiswa yang memiliki perilaku bersedekah yang tinggi menunjukkan kebahagiaan yang lebih besar dibandingkan dengan siswa yang memiliki perilaku bersedekah yang rendah. 


Mahasiswa  yang  memiliki perilaku bersedekah yang  tinggi memiliki meaning,  positive  emotion, dan achievement yang  lebih tinggi  secara  signifikan  dibandingkan  siswa  yang  memiliki perilaku bersedekah yang  rendah 


Wah, ternyata bersedekah sudah dibuktikan mendatangkan kebahagiaan. Nah, tunggu apalagi nih.. Yuk kita sedekah supaya hati kita merasa bahagia.




You May Also Like

0 comments