Tips Mengamankan Colokan Listrik dari Anak- anak

by - March 01, 2018



Bagi kita yang memiliki balita atau anak kecil di rumah, saat - saat mereka bereksplorasi dengan lingkungan sekitar adalah saat - saat yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Kenapa begitu? Karena mereka masih belum mengetahui apa yang aman dan apa yang berbahaya.

Ada beberapa resiko bahaya di rumah bagi anak kecil / balita, salah satunya adalah steker/colokan listrik di dinding. Karena ketidaktahuannya, anak bisa bermain - main dengan memasukkan jari atau objek lain ke lubang colokan listrik dan tentunya hal ini berbahaya karena anak beresiko terkena sengatan listrik.

Lalu bagaimana untuk meminimalkan resiko ini? Cara yang bisa digunakan adalah dengan mengganti colokan dengan tipe colokan yang dilengkapi dengan penutup. Tetapi cara ini membutuhkan biaya dan usaha yang tidak sedikit, karena tipe colokan tersebut harganya cukup mahal dan untuk mengganti colokan juga harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman.

Sebagai alternatif untuk mengamankan colokan listrik, berikut adalah tips sederhana yang bisa dilakukan. Alat yang dibutuhkan adalah kepala steker/colokan, seperti ini misalnya :


Pilih kepala colokan yang cukup besar dan pas dicolokkan ke colokan di dinding, seperti di gambar ini



Pastikan kepala colokan terpasang cukup kuat dan tidak mudah dicabut oleh anak - anak. Untuk memperkuat, kita bisa menambahkan lakban untuk melekatkan kepala colokan jika diperlukan, seperti terlihat di foto, masih ada bekas perekat lakban yang menempel di colokan.

Tentunya sebagai orang tua kita harus tetap mengawasi bagaimana anak - anak kita bermain dan bereksplorasi, serta menjaga keamanan mereka. Semoga tips ini bermanfaat yaa..



You May Also Like

0 comments