GAME LEVEL 8-CERDAS FINANSIAL- DAY 3

by - November 25, 2019


Day 3: Tanggung Jawab

Sifat tanggung jawab adalah salah satu sikap ingin dibentuk dalam melatih kecerdasan finansial anak. Karena Meira sudah meminjam uang ayah ketika di asar anak kemarin, Meira harus mengembalikan uang yang dipinjamnya. Mama mengajak Meira berdiskusi dan mengenalkan apa itu cicilan dan lunas. Mama memberi pilihan apakah Meira mau uangnya langsung berkurang banyak, atau sedikit. Awalnya Meira ogah-ogahan mengembalikan uang ayah, tapi akhirnya Meira menerima setelah nego enam kali cicilan. Yeaa.. akhirnya mau.

Meminjam uang boleh saja ketika sangat terdesak, tetapi mama tidak mau Meira menjadi pribadi yang suka meminjam-minjam ketika dewasa nanti. Oleh karena itu, Mama menuliskan surat tanda peminjaman uang dari Bank Keluarga yang di dalamnya tertera nama, umur Meira, tujuan peminjaman, jumlah uang yang dipinjam, jumlah cicilan beserta uang yang harus dibayar per cicilan, pengakuan dan perjanjian bahwa Meira akan melunasi cicilandan menjaga barang yang dibeli. Tidak lupa di akhir surat pembubuhan tanda tangan ayah dan Meira. Meira juga tanda tangan lho. Hihihi.

Mama juga membawa buku tabungan sekolah Meira yang tidak terpakai, sebagai buku tabungan pribadinya. Meira menulis namanya besar-besar di buku tabungan menandai bahwa itu miliknya. Buku siap diisi untuk rekam pemasukan dan pengeluaran Meira di hari berikutnya. Memang terkesan berat apa yang kami terapkan ke anak berusia  4 tahun, tapi ketika kita sebagai orang tua mampu mengenalkan topik dengan menyenangkan, InsyaAllah anak akan paham dan setuju atas kesepakatan yang dibuat bersama. J

memberi nama buku tabungan

Meira launching ttd

ayah ttd

mama menulis surat peminjaman

You May Also Like

0 comments