GAME LEVEL 10- MEMBANGUN KARAKTER ANAK MELALUI DONGENG - DAY 9

by - February 08, 2020

Day 9 Totto Chan

       Mama masak kare jepang, ketika makan lagi-lagi Meira minta dongengin. Hmmm… apa yaa… yang temanya tentang jepang. Aha. Mama teringat kisah Totto Chan. Mama menceritakan seingatnya saja. Hahaha. Mama menceritakan Totto Chan adalah anak yang rasa ingin tahunya besar. Ia suka melihat ke jalanan di samping kelasnya, suka berbicara kepada pengamen, melihat di balik mejanya sehingga ia suka buka tutup mejanya. Tetapi sayang, gurunya tidak menyukainya. Menurut gurunya ia mengganggu belajar teman-temannya. Jadinya terpaksa ia harus pindah sekolah.

     Mamanya membuatkan seragam baru, mereka siap pergi ke sekolah barunya. Mereka pergi ke stasiun, di sana Totto chan bilang ingin menjadi penjaga karcis. Hihihi. Ketika sampai di depan sekolah, mereka melihat pepohonan yang sangat rindang menutupi sekolah. “hmm.. bener ini sekolahnya?”mamanya ga yakin. Mereka memasuki gerbang sekolah dan melihat ada gerbong-gerbong kereta tua. “ma, apakah sekolahnya itu?” tanya Totto chan. “entahlah kita cari Kepala Sekolah dulu.”kata mama. 

        Saat Totto Chan ketemu dengan Pak Kepala Sekolah, ia langsung menyukainya. Tidak pernah ia menemukan guru seramah itu, Totto chan banyak bercerita tentang dirinya sampai tak terasa sampai 4 jam. Wah.. saatnya makan siang. Pak kepala sekolah mengajak Totto chan bergabung dengan anak-anak yang lain. Mereka menyusun bangku dna meja menjadi lingkaran. Yang  paling menarik adalah mereka makan sesuatu dari darat dan dari laut. Mama pun mengajak meira main tebak-tebakan apakah itu. Sambil melihat di piring makannya ada ga yang dari darat dan laut. Alhamdulillah ada. Hihi. Sehabis makan, mereka merapikan kembali tempat makan, meja dan bangku. Wah.. mereka bertanggung jawab ya mengembalikan lagi seperti semula menjadi rapi. Hari ini hari yang sangat menkjubkan bagi Totto Chan.

        Keesokannya, Totto Chan berangkat  sekolah. ia semangat pergi ditemani anjingnya, tetapi tentu saja si anjing mengantar sampai stasiun. Ia berani pergi sendiri. Sampai di sekolahnya, ia menemui teman yang asyik dengan kegiatannya sendiri. Ada yang suka melihat mikroskop, menulis, menggambar apapun yang mereka suka. Di sana juga ada anak yang cacat, tetapi ia hebat mempunya kemampuannya sendiri. Totto chan senang dengan teman-teman barunya. Totto chan bermain dan sesuatu barangnya jatuh ke dalam selokan. Totto chan yang  ingin mencari barangnya,mengubek-ubek selokan  sehingga kotor kemana-kemana. Pak kepala sekolah melihatnya, namun ia tidak marah. “kau akan membereskannya lagi kan?” Totto chan menggangguk dan benar saja, ketika ia sudah mendapatkan apa yang ia cari ia membereskannya. Wah..  Totto Chan dan teman-temannya adalah anak yang baik dan bertanggung jawab yaa..

Karakter: jadilah anak baik dan bertanggung jawab mengembalikan atau menyelesaikan apa yang dilakukan.

You May Also Like

0 comments