Jurnal Ulat-Ulat Pekan 1

by - February 13, 2021




Jurnal Ulat-Ulat - Pekan 1

Assalamu'alaikum wr.wb.
Tahap ulat merupakan tahap dimana waktunya kami makan-makan.
Yeaay.. 

Pekan ini kami diberi dua tugas, yang pertama adalah menyajikan makanan masing-masing. Makanan kami di sini adalah ilmu yang ingin kami kuasai selama di hutan kupu cekatan. Kami perlu memasukkan ke album makanan di FB grup supaya bisa disantap oleh teman-teman yang lainnya. Setelah mempertimbangkan makanan mana yang kuhidangkan, akhirnya saya pilih makanan "Manajemen Waktu berdasarkan Fitrah". 

Mengapa saya sajikan makanan ini dari beberapa makanan yang saya makan? karena ini makanan pokok! Inti dari semua aktivitas ke depan adalah manajemen waktu. waktu tidak akan bisa kembali dan terus berjalan dan habis tanpa kita sadari.

Padahal waktu di dunia ini hanya sebentar ...

Ini tugas yang pertama:

 Tugas kedua adalah menuliskan apa yang udah kita makan (aku belajar tentang), apa yg mau kita makan (aku ingin tahu tentang) dan kita bisa bikin makanan apa (aku tahu). 

Aku tahu:
 
Biasanya orang-orang bertanya kepada saya tentang kesehatan gigi anaknya, orang-orang juga suka curhat kepada saya untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi dalam hidup mereka, baik tentang anak ataupun rumah tangga. Dengan ilmu-ilmu yang saya pernah pelajari, Alhamdulillah saya bisa memberi solusi kepada mereka. Saya suka dan bisa konsultasi baik masalah gigi, parenting atau kehidupan. 

Saat ini saya ingin fokus ilmu sesuai fitrah. Fitrah Based Education dan Fitrah Based Life. Sejak belajar dan mempraktekkan ilmu ini dari tahun 2018, saya merasa ini adalah ilmu yang sempurna. Saya akui saya belum ahli, namun InsyaAllah saya akan berbagi pengalaman jika ada yang membutuhkan. 😊

Aku ingin tahu tentang:
Topik yang akan kupelajari ke depan adalah Personal Mastery. Saya ingin mengetahui dan mempraktekkan self-coaching dari buku dan online course Coach Darmawan Aji. Ilmu yang ingin saya ketahui juga tentang adab itilah kerennya attitude. Belajar adab untuk akhlak yang mulia. 
bukankah kita perlu mengutamakan adab sebelum ilmu?

Topik ilmu ini saya butuhkan untuk delegasi. Sebenarnya seluruh topik yang perlu saya kuasai saling berkaitan. bisa sekaligus dikerjakan, cuma karena kita perlu fokus. butuh pikiran yang jernih untuk memutuskan mana yang paling tepat dipelajari terlebih dahulu. Oleh karena itu saya pilih topik personal mastery dulu. hehe

Aku belajar tentang:
1. Manajemen Waktu

a. Fitrah Based (The Daily Routine of  Prophet Muhammad PUBH)
Pelajaran yang kudapat adalah:
- perlu disesuaikan zaman dimana kita hidup. 
Apakah bisa ideal seperti Rasulullah SAW apa tidak. Misalnya: idealnya Rasulullah SAW tidur selepas sholat Isya. Namun, zaman sekarang apalagi masa pandemi dimana belajar via online dan sering diadakan setelah jam Isya itu tidaklah mengapa. Yang penting  kita cukup waktu tidurnya. 

- Perlu disesuaikan dengan fitrah seksualitas
Saya sebagai wanita, seorang istri dan ibu tidaklah bisa ideal perannya seperti Rasulullah SAW yang secara fitrah sangat berbeda antara laki-laki dan perempuan baik secara energi, pikiran, perasaan dan peran.

- Perlu fleksibel dalam menjalankan kandang waktu fitrah
Seperti ilmu manajemen waktu dari buku Bunda Cekatan, kita perlu membuat kandang waktu untuk kedelapan fitrah. Spritual life, Physical life, Social life, Family Life, Intelectual Life, Work Life, Aesthetical Life, dan Personal Growth. Contoh fleksibel ketika kita ingin menghadiri majeli ilmu online yang jamnya bisa saja berbeda-beda. Untuk belajar kita perlu adab untuk menghadiri di jam tersebut, sedangkan biaanya di waktu tersebut kita punya aktivitas rutin lain. Di sini kita perlu fleksibel memindahkan waktu, yang penting kandang waktu kedelapan fitrah tersebut tetap ada.  

- Butuh kesadaran, kesabaran, energi, penerimaan, komitmen dan konsisten untuk membentuk habit baru demi keseimbangan waktu yang diberkahi  Allah SWT. 

b. Sehat Ala Nabi oleh dr. Mohammad Ali Toha Assegaf
Saya belajar tentang bagaimana kebiasaan Rasulullah SAW tidur. Topik yang mau saya pelajari yang berkaitan dengan manajemen waktu adalah tentang deep sleep. Kita dianjurkan untuk tidur minimal 6.5 jam sehari karena menurut penelitian medis akan berisiko terkena penyakit diabetes, jantung, dll. Rasulullah SAW tidur sehabis Isya, dua jam setelah makan malam. Di sini banyak mengulas pengaruh tidur terhadap kesehatan tubuh karena berpengaruh ke hormon, emosi dan sistem regulasi tubuh.

c.  Simplefamilies.com
Segala hal perlu disederhanakan atau dikurangi, baik rumah, pakaian, mainan, takut, buru-buru, gangguan dan menghakimi. Kalau buat saya sih perlu menyederhanakan pikiran! hahaha

d. Life Management for Moms oleh Fathya Artha Atami
Time management = Mindset management. Alahamdulillah nyambung yaa dengan yang saya pelajari. Sebenernya yang perlu diatur adalah prioritas, emosi dan energi. Kita perlu tahu job desk dulu untuk mengelola prioritas dan kandang waktu. 

Job desk kita sebagai manusia (diri sendiri) adalah: tidur, olahraga, hiburan, cinta, 
JIb desk sebagai ibu dan istri adalah: melayani, mengajar, mengatur dan berhubungan. 

Time management adalah keseimbangan energi, waktu dan uang. 
Tugas merawat keluarga adalah bukan pekerjaan sendiri, melainkan kerja sama semua sumber bantuan yang tersedia. Delegesi donk yaaa.. 

2. Personal Mastery
a.  Self-Coaching oleh Coach Aji Darmawan
Saya sedang mempelajari dari buku dan e-coursenya. Dari yang saya pelajari, kita bisa menemukan solusi dari tantangan yang kita hadapi, kita bisa memaksimalkan potensi kita dari dimulai dari bagaimana kita mengelola pikiran. Pikiran akan mempengaruhi perasaan kita, perasaan akan mempengaruhi perilaku dan perilaku akan mempengaruhi hasil yang kita inginkan. Pikiran pun ternyata perlu didisiplinkan! hihihi.

b. How to be a great coach, oleh Ustadz Harry Santosa. 
Saya membaca makanannya teman buncek Coach Maryam, beliau merekomendasikan Fitrah World Movement Program denagn meniru atau modelling Nabi Muhammad SAW untuk bertransformasi diri yang hebat. Alhamdulillah saya sudah dalam jalan yang benar. hehe. 

c. Self Developement oleh Raka Kurniawan
Pentingnya mindset positif untuk kesuksesan. Mindset.. mindset.. mindset. FIX! Wajib kuasai mindset. 


                       


Sebenernya saya juga ada baca makanan temen-teman tentang deep sleep. cuma saya langsung berpaling dan cukuuup! makananmu sudah banyak. hahahaa.
Alhamdulillah sudah cukup kenyang... 

Apakah yang saya makan sesuai dengan mindmap? InsyaAllah sesuai.. Alhamdulillah.. Ingat peta belajar yaa..  Bismillah, bawa wolugopasss (Nama grup 8, Regional Yogyakarta) selalu dalam kantong.. 








You May Also Like

0 comments