Jurnal Ulat-Ulat Pekan 5- Camping Ground, Apa Kelas Favoritmu?

by - March 12, 2021



Assalamu'alaikum wr, wb.

Hai.. Hai.. kali ini saya akan bercerita pengalaman camping virtual di hutan pinus.

Disini kita bicara tentang kelas favorit, yaitu kelas live mana yang sudah disajikan ulat-ulat dari keluarga lain..

Sebelum saya bicara kelas favorit teman-teman, saya bicara dulu kelas favorit saya ya. hehhe.

My Favourite Class

Sejujurnyaaaa, saya cuma mengikuti satu sesi live yang full (itupun terpotong nontonnya karena terpotong aktivitas saya menyuapi Hiro di hari MpASI pertamanya). Topik live itu adalah Rahasia manajemen waktu Rasulullah SAW yang dibawakan oleh saudara kembar saya di IP, Annur. hihihi.

Saya bahagia menontonnya karena lagi-lagi hal yang kami pelajari sama dan salah satu sumber kami pun sama, Framework manajemen Waktu Rasulullah SAW dari Ust. Harry Santosa. Saya mendapat ilmu pelengkap tentang manajemen waktu dari sisi sirahnya yang memperjelas pemenuhan-pemenuhan semua fitrah dalam keseharian beliau.

Dari situ saya berlanjut diskusi via japri dengan Annur. Namun, karena keterbatasan waktu juga kami belum sempat berdiskusi lagi. Cuma saya senang ada teman saya yang sama-sama mencoba menjalani manajemen waktu Rasulullah SAW. Saya bahkan salut dia sudah memulai sejak awal 2020, sedangkan saya baru awal tahun ini.

Ketika ada teman yang sedang berproses bersama dan saling menguatkan, disitulah terdapat kebahagiaan, bukan?!

My Friends' Favourite

1. Lihatlah sanak yang paling dekat, Ulat Keluarga Manajemen Waktu dan Gadget

Oke.. sebelum saya berjalan-jalan meninggalkan keluarga saya. Saya pastikan dulu di dalam keluarga saya, keluarga manajemen waktu apakah apakah ada saudara saya yang masih belum mendapatkan makanannya. Ternyata ada! dia selama sepekan lalu dia puasa. dia lapar sekarang.

Saya belum pernah japri dia, saya langsung japri aja. Asalnya dari Regu Mahira. Saya tanya apakah dia ada bergabung di keluarga lain, katanya ada. Cuma hanya sebatas silent reader di keluarga literasi.

Dia nyaman dengan keluarga manajemen waktu kami. Dia tidak bilang ada kelas live lain yang ditonton selain live dari keluarga kami sehingga belum bisa mengatakan kelas mana favoritnya.

Alhamdulillah saya bisa sedikit sharing apel kepada beliau mengenai mind mapping. Saya share yang biasa saya praktekkan dan foto isi buku saya yang ada topik mindmapping . Saya senang sekali berbincang dengan penulis satu ini. Semoga saya ke depannya bisa menjadi penulis produktif seperti beliau juga. Aamiiin.

2. Ulat dari Keluarga bisnis

Ulat ini berasal dari regu Mahira, Ip regional Sukabumi. Beliau bergabung ke keluarga bisnis. Katanya ia bahagia karena banyak makanan di keluarganya dan fokus pada mindset positif membangun tim.

Keluarganya yang live ada lima orang, termasuk dirinya. Jadi makanan utamanya beririsan sekali dengan topik keluarganya yang live karena mereka memang menemukan benang merah nya di keluarga bisnis.

Di sini saya juga sempat menanyakan bagaimana manajemen waktu beliau bisnis online. hehe. Sangat terlihat ulat ini sangat cekatan ketika menjapri langsung menawarkan format yang diisi.

Senang sangat senang berkenalan dengan beliau. Terasa banget positifnya! Namun, saya belum sempat menonton live beliau. Huhuhu. Semoga dalam pekan ini saya bisa tonton dan belajar ilmunya.


Balik ke Regu WoluGoPass


Regu asal saya balik ramai lagi setelah beberapa pekan para ulat bertemu keluarganya masing-masing. Aah ... Kami lupa ... inilah keluarga kami sebenarnya. Regu 8 - WoluGoPass, IP Regional Yogyakarta asal kami para ulat yang berhijrah kemana-mana.

Ada salah satu ulat yang punya ide untuk saling peduli untuk menanyakan ulat mana makanan yang belum terpenuhi. Para ulat pun menyambut dengan ria atas usulan tersebut. Namun oh ternyata, kami menemukan ada saudara ulat kami yang sedang menghadapi tantangan.


3. Ulat dengan tantangan kesehatan keluarga

Saya langsung japri beliau. Kami memang belum mengenal satu sama lain. Saat ini ulat tersebut sedang kesulitan karena keluarganya terkena covid. Saya menawarkan bantuan sebenarnya, namun beliau sungkan karena takut keluarganya sebagai carrier.

Saya pun tak sampai hati menanyakan yang lain-lain terkait buncek ini karena yang ia butuhkan adalah teman untuk menenangkan hatinya dulu. Saya bahagia saya bisa menjadi teman ceritanya yang dapat melegakan hatinya.

Mungkin yang bisa saya bantu adalah ikut mendoakan Ibu beliau yang sedang dirawat di RS dan kesehatan untuk keluarganya. Saya juga menganjurkan untuk cuti apabila ingin fokus ke keluarganya. Semoga beliau terus sehat dan kuat menghadapi ujian yang sedang dihadapi sekarang. Aamiin.

4. Ulat yang penuh ketaatan, Keluarga Parenting

Saya kenal beliau, ternyata beliau juga curhat di grup WoluGoPass tentang kondisinya yang tidak mudah. Sudah sejak beberapa pekan lalu saya ingin menjapri beliau, namun tak kunjung saya sapa karena saya sendiri pekan lalu manajemen waktu sedang kacau. Huhu.

Saya juga langsung japri beliau menawarkan bantuan apa yang bisa saya bantu. Katanya butuh teman diskusi. Ya, InsyaAllah saya bersedia karena kami sama-sama tipe pemikir dan beliau dan suaminya juga baik terhadap kami.

Saya menanyakan apakah ada makanannya yang belum tersantap pada beliau. Kata beliau ada, yaitu tentang manajemen waktu dan Alquran karena belum sempat menyimak golive di kebun apel.

Alhamdulillah saya bisa share hasil belajar saya dari jurnal pekan – pekan sebelumnya, baik dari blog atau podcast. Sesekali saya mendengar curhatan beliau dan saya senang saya bisa menyemangati beliau.

Siapakah sesi golive favorit beliau? Beliau ingin menyimak golive mbak Bhekti, mbak Annur, mbak Ismi, dan mbak Khoirun Nikmah. Tiga diantaranya saya juga ingin melihatnya namun yang saya tonton baru satu juga, yaitu Annur. 

Berhubung topik live Annur ada dalam tulisan blog saya, saya bilang kepada beliau bahwa isi materi live Annur juga terdapat di dalam jurnal saya yang share tersebut. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi beliau. Alhamdulillah saya juga dapat tulisan mengenai livenya mbak Nikmah, jadi saya share ke beliau.

5. Ulat Coach, Keluarga –Ketahanan Keluarga

Sejak awal saya tertarik dengan beliau karena saya juga ingin menjadi coach. Hehe. Di sini lucunya malah saya yang curhat! Hahaha. Camping ground ini mungkin jadi ajang curhat virtual kali yaa..

Oke, balik ke laptop. Beliau berasal dari Regu 5, Mahira (lagi) dari Regional Bekasi. Mendengar curhat saya beliau membagikan ilmu beliau. Saya juga mendapat motivasi dari beliau. Alhamdulillah..

Beliau juga tidak menolak jika ada ilmu yang ingin saya bagi. Saya bilang sumber ilmunya kami sama, yaitu Ustadz Harry. Beliau juga sedang belajar di kelas ini. Jadi saya belum share ilmu apapun.

Aha.. sebenernya ada ilmu yang bisa saya share kesehatan gigi terkait fitrah, namun kemarin karena hectic saya lupa. Ee.. de. de. de. deee ...  InsyaAllah saya akan kontak lagi beliau. Banyak hal sebenarnya yang bisa saya bicarakan dengannya.

Manakah kelas favoritnya? Beliau mengatakan live dari Kak Devi dari keluarga ketahanan keluarga yang membahas bagaimana melalui KDRT sampai menemukan bahagia. MaasyaAllah.. Kayaknya saya bakal nonton juga nih.

Huwaa.. Fokus, fokus ke peta. Banyak sekali ilmu bertebaran di sini. Sebenarnya masih ada beberapa ulat-ulat lainnya yang japri ke saya, tetapi mohon maaf karena keterbatasan waktu saya jadinya saya tidak tampilkan semua ya...

Diagram Kelas Favorit

Alhamdulillah, para ulat di WoluGoPass sangat kompak dalam jurnal pekan 5 ini. Kami sepakat untuk membuat digram kelas bersama. Ulat yang bersedia menuliskan topik live favoritnya, kemudian terkumpullah 17 topik live yang dibuat diagram batangnya. 

Ini diaa... 



Dari 17 ulat yang mengikuti go live di kebun apel didapatkan data bahwa tiap ulat sebagian besar fokus menonton pada live keluarganya masing-masing. Secara random, didapatkan bahwa kelas parentinglah yang menjadi kelas terfavorit sebanyak 10 ulat.

Kelas favorit berikutnya adalah manajemen waktu yang diikuti oleh 3 ulat, kemudian kelas favorit lain, berupa kelas literasi, manajemen investasi, cooking dan manajemen emosi yang masing-masing diikuti oleh 1 ulat 

Alhamdulillah pengerjaan jurnal kali ini saya bisa lebih cepat ngumpulinnya (demi mengerjakan prioritas lain juga sih.. hihihi). Alhamdulillah, bisa jadi ini pertanda manajemen waktu saya yang semakin membaik. 

Bismillah, semoga manajemen waktu dan gadget serta pengendalian diri saya terhadap segala ditraksi bisa semakin baik dari hari ke hari sehingga menjadi The Queen of Butterfly selama di kelas BunCek ini. Aamiin. 

Sekian cerita singkat dari saya, semangat bertumbuh bersama ....
Semangat berkolaborasi dengan kupu-kupu penuh warna ....
Semangat peduli dan bermanfaat kepada sesama ....

Wassalamu'alaikum, wr. wb. 

You May Also Like

0 comments