GAME LEVEL 9-MEMACU KREATIVITAS ANAK- DAY 9

by - January 03, 2020


Day 9 Cara kreatif menyikat gigi anak

Selama ini Meira masih sering mama sikatin giginya sambil dipangku. Sebenarnya Meira udah bisa sendiri, tetapi mungkin mamanya aja ya yang khawatir kalau kecolongan gigi anaknya berlubang. Hihihi. Maklum Meira giginya seperti ayahnya dan suka makanan manis, walaupun rutin sikat gigi tetap ada risiko gigi berlubang. Mama menyadari Meira harus bisa mandiri. Oleh karena itu, mama menggunakan cara seperti yang pernah mama lakukan ketika mengedukasi pasien dulu. Yaitu dengan menggunakan pewarna yang diaplikasikan pada permukaan gigi, dengan tujuan untuk mengevaluasi apakah gigi sudah benar-benar bersih atau belum? Apakah masih ada plak (lapisan sisa makanan) yang tertinggal di permukaan gigi walaupun sudah disikat? Nah kali ini praktek ke anak sendiri. Hihihi.

Setelah sarapan, barulah Meira mandi. Maksudnya biar sekalian sikat gigi. Hihi. Mama menyiapkan cermin setinggi Meira, kemudian mama meminta Meira menyikat giginya. Mama bilang seluruh permukaannya di sikat, kanan kiri atas bawah luar dalam. Setelah menyikat…

Inilah bagian yang ditunggu. Mama mengeluarkan pewarna dan perisa strawberry, rasa yang disukai Meira. Kalau di dunia kedokteran gigi bahannya adalah disclosing solution. Kalau di rumah, ya pewarna makanan aja cukup. Yang penting warnanya sama-sama merah. Hihhi. Hmm.. Rasanya kalau mama teteskan ke lidahnya dan memintanya melumurkan ke seluruh gigi, mungkin lidahnya belum bisa menjangkau seluruh permukaan gigi. Jadinya mama mengambil cutton bud untuk mengoleskan pewarna ke gigi Meira. Waa.. giginya merah semua. Mama meminta Meira berkumur sekali agar terlihat permukaan mana yang lebih merah (menunjukkan adanya plak). Mama mengajak Meira becermin dan menunjukkan bagian mana yang belum bersih, yang merah-merah lebih tebal nempel di gigi itu dan harus disikat.
Meira melihat giginya merah-merah

warna merah pada gigi menunjukkan masih ada plak yang menempel

 Srok srok srok.. Meira bersemangat menyikat giginya sampai bersih di depan cermin. Setelah sikatan selesai, mama melihat giginya dengan senter. Soalnya kalau posisi berdiri rongga mulut tidak kelihatan. Alhamdulillah lumayan bersih setelah disikat lagi. Yeaay.. gigi Meira udah bersih…
Mandiri menyikat gigi

Gigi bersih, kinclong bebas plak

Kuteks Merah

Melihat ujung cotton bud yang berwarna merah, Meira tertarik bermain lagi. Pewarna makanan itu malah dijadikannya kuteks. Hihihi. Padahal ia belum memakai pakaian, tetapi sudah tak sabar menghias kuku mungilnya bahkan melukis di tangannya. Belum puas dengan seluruh kuku tangannya, Meira juga menghias kuku kakinya. Ketika warna tersebut pudar karena terbasuh air, Meira dengan semangat mengulanginya lagi. Hihihi. Si Princess senang kukunya cantik. Alhamdulillah Meira kreatif, Meira senang.



You May Also Like

0 comments