TANTANGAN 10 HARI (T10H ) BUNDA SAYANG - MENSTIMULASI ANAK SUKA MEMBACA – DAY 17

by - August 24, 2019


Day 17 :



Sebagai dokter gigi, wajar jika kesehatan gigi, terutama kesehatan gigi anak menjadi perhatian Mama. Sedih juga jika tahu masih banyak anak yang takut untuk memelihara kesehatan giginya ke dokter gigi. Karena itulah mama mengumpulkan buku – buku anak dengan topik  kesehatan gigi sebagai referensi  agar bisa menyampaikan ke anak – anak bahwa dokter gigi itu ga serem loh, tapi ramah dan baik hati (^_^), agar makin banyak anak yang berani ke dokter gigi dan makin banyak orang tua yang perduli dengan kesehatan gigi putra putrinya,aamiin. Dan di hari terakhir tantangan bunsay level 5 ini, buku yang dipilih Meira juga salah satu buku tentang kesehatan gigi anak.

asik bener bacanya ,dah PeWe



Bukunya berjudul “Gigi Gigis”, bercerita tentang seorang anak bernama Linda. Beberapa hari sebelum pentas seni di sekolahnya, Linda baru mengetahui kalau giginya banyak yang berlubang. Waktu kakaknya tau, dia diejek dan jadilah mereka kejar-kejaran. Saat itu lah muncul tokoh superhero kapten Gizi yang datang karena mendengar tentang gigi gigis Linda. Linda minta kapten gizi untuk mengobati giginya tapi kapten Gizi menggeleng, karena untuk memperoleh gigi sehat bukanlah sulap, tetapi sebuah proses yang perlu dilakukan oleh anak dan dibantu orang tua. Kemudian Kapten Gizi mengajak Linda dan kakaknya melihat apa sih yang terjadi di mulut anak yang giginya gigis. Linda melihat banyak bakteri yang mengikis gigi, karena di sela – sela gigi banyak sisa makanan, terutama yang manis – manis. Kapten Gizi menjelaskan bahwa boleh makan makanan manis, tapi setelah itu sikat gigi yaa..Selain sikat gigi, Kapten Gizi juga menjelaskan hal lain untuk menjaga gigi sehat yaitu : perlu  membatasi makanan manis, rajin makan sayur dan buah, serta rutin periksa ke dokter gigi.  Alhamdulillah mama membiasakan Meira sejak kecil (dari mulai giginya tumbuh) untuk gosok gigi setelah sarapan dan sebelum tidur. Memang terkadang tidak mudah, tapi jika orang tua terus berusaha, insyaallah hasilnya akan sepadan. Yuk ayah bunda kita jaga kesehatan gigi buah hati kita yaa..


Di hari terakhir tantangan level 5, berikut adalah hasil peta literasi kami. Buku yang dibaca Meira ada di benua Amerika, mama ada di Indonesia, dan Ayah ada di Afrika. Dari judul buku/bab yang dibaca, Meira yang jadi juara, yeeay.. disusul mama juara 2. Ayah karena buku yang dibaca cukup tebal, dan belum mau menempel lagi sebelum ganti judul, jadi Cuma 1 judul deh (^_^;)7. Alhamdulillah kami sekeluarga bisa mengikuti tantangan ini dengan cukup baik, semoga budaya membaca bisa terus konsisten dipelihara, aamiin.. 

hasil peta literasi


You May Also Like

0 comments